Close
ilustrasi gaya streetwear. Source Image. TheTrendSpoter

ZONAKLIMAKS.ID – Streetwear adalah suatu gaya pakaian kasual yang menjadi booming pada era tahun 90’an. Tumbuh dari budaya Surfer dan Skate di California yang mencangkup elemen sport, Hip Hop, Punk, dan juga Street Fashion di Jepang. Pengaruh yang paling besar adalah Haute Coutere, dengan pembuatan pakaian dengan teknik tingkat tinggi yang dibuat menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik, biasanya dihiasi dengan detail, dan dikerjakan secara Hand made, dan pembuatannya memakan waktu yang cukup lama.

Charles Frederick Worth lah yang memperkenalkan metode baru dalam dunia mode dan di sebut menjadi Bapak Adibusana.
Di lansir dari the TheTrendSpotter, ini lah 25 deretan Brand streetwear fashion yang wajib kalian tahu, Kepoin yuk!

1.Nike

Source image. TheTrendSpotter

Nike adalah salah satu brand OG yang mendapat award atas reaniasance budaya sneaker di kalangan muda. Apa pun preferensi mereka, semua sneakerhead, pasti akan setuju bahwa logo swoosh adalah logo yang paling fenomenal dan di cintai para penggemarnya. Berkembang dari dunia olahraga, yang awalnya diperuntukan untuk para atlit dan olahragawan. Nike pun sekarang seolah bertransformasi menjadi labelnya streetwear. Karya Street Style terbaik pun di kembangkan terus menerus seperti berkolaborasi dengan Off White dan Patta.

2. Adidas

Source image. TheTrendSpotter

Adidas juga merupakan salah satu brand pengusung Street Wear yang keren loh, Yeezy Kanye West, di antara banyaknya kolaborasi dengan selebritis papan atas Hollywood lainnya yang menjadi top trending Adidas colabs. Sepatu sneaker Adidas ikonik, dengan skets tiga garisnya serta kenyamannnya saat berada di jalanan trotoar dengan kokoh menjadi gaya yang hips semenjak tahun 90’an.

3. Supreme

Source image. TheTrendSpotter

Intreagasi New York’s Supreme ke dalam tataran sejarah streetwear, sudah tidak perlu di pertanyakan lagi. Karena label ini salah satu yang mengangkat tema streetwear dalam mode Wah, yang enggak nanggung-nanggung berkolaborasi dengan rumah mode ternama Rolex dan Louis Vuitton. Supreme adalah salah satu label yang mengangkat gaya jalanan dalam tema skateboard dan pakaian Amerika. Menghasilkan label yang mendapatkan statusnya sebagai salah satu label streetwear paling ikonik sepanjang masa. Supreme merilis sejumlah Limited item baru setiap minggu. Jadi, bagi kamu pecinta Supreme akan selalu dapat memperbarui lemari pakaian kamu dengan sentuhan garis merah putihnya.

4. Vetementshan segar pada logo OG merah putih ini.

Source image. TheTrendSpotter

Bukti bahwa streetwear telah bertransformasi menyusup ke dunia fashion mewah, kini vetements diakui karena desain-nya yang inovatif dan beragam. Didirikan oleh Demma Gvasalia, vetaments telah membawa desainnya ke arah couters dan streetwear chic. dengan menerapkan ironic design ke arah kultur lebih luas.

5. Stüssy

Source image. TheTrendSpotter

Dikreditkan sebagai label streetwear original dari dunia fashion, Stussy memulai bisnisnya di tahun 1980 sebagai brand graphic tee. Lebih dari empat puluh tahun , Shawn Stussy memperlebar labelnya ke ranah pakaian surfer dan skate board. Kehadiran label ini masih sekuat sebelumnya, karena brand kelahiran Cali ini memiliki desain yang inovatif dan menarik.

6. Off-White

Source image. TheTrendSpotter

Didirikan oleh direktur Louis Vuiton, Virgil Abloh. Off-White telah membuat gelombang di landasan pacu Couture, serta Jalanan. Kemungkinan besar Off-White akan menghiasi mode dari Paris fashion week seperti apa adanya menjadi penyokong tren fashion Hype beast. Perpaduan budaya dan couture-nya telah melahirkan label yang dikenal dengan desain yang inovatif, pemikiran maju, Bold dan ciri khas, serta kolaborasi menarik dengan Kanye West dan Fendi sebelum meluncurkan label-nya di tahun 2013. Meskipun seorang pendatang baru di dunia street style, Off-White, telah mendapatkan status ikonik di dunia streetwear.

7. Undercover

Source image. TheTrendSpotter

Karya-karya Undercover sangat dipengaruhi oleh counter culture dari Punk di Inggris, subculture yang di favoritkan oleh pendirinya, yaitu Jun Takahashi. Produk Undercover sendiri sangatlah unik dari segi desainnya, dengan Grafis yang tercetak di atas kaos yang disiramkan ke bahan pokok yang di gunakan oleh Undercover, tersebar luas dalam era mode 90’an di Tokyo, dan telah berkembang , menjadi salah satu label yang terkemuka di industri fashion Jepang khusunya merajai pasaran streetwear.

8. HUF

Source image. TheTrendSpotter

Huf memulai bisnisnya di awal tahun 90’an, setelah melejit menjadi Distro untuk segala hal yang berhubungan dengan berseluncur dan berselancar di teluk san fransisco. Keith Hufnagel sebagai pioner dari HUF, meluncurkan label serupa dengan nama distro-nya yang mengikuti jejak stussy dan sekarang telah mengakar menjadi salah satu Brand yang ikonik di jantung budaya streetwear.

9. Obey

Source image. TheTrendSpotter

Obey sendiri dikenal karena memasukkan unsur aktivisme ke dalam desain pakaiannya, Obey memiliki akar yang kuat ke dalam Counter culture skate dan punk. Shepard Fairey yang juga sebagai artist, mendirikan label pada tahun 2001 sebagai bentuk perpanjangan dari karya seninya. sebuah pandangan populis Fairey, menyelaraskan fungsi Pakaian sebagai media kanvas. Lain baginya untuk menyampaikan agendanya, Label ini menjadi sangat populer sejak awal di buat dan tetap stabil di industri fashion streetwear.

10. Kith

Source image. TheTrendSpotter

Ronnie Field Merupakan kunci dari label Kith, Kith terkenal dengan pakaiannya yang terkenal dengan logo tebal berlogo perkotaan. Pencipata alas kakai New York ini menawarkan ruang ritel yang menampung beberapa nama yang paling diidamkan di dunia sneaker dan streetwear, bahkan kolaborasinya yang tidak terduga bersama Coca Cola dan Bugaboo. Baru-baru ini Kith bekerjasama dengan label Tommy Hilfiger untuk menghasilkan sebuah inovasi koleksi desain nostalgia – laden untuk delapan belas musim gugur/musim dingin.

11. Undefeated

Source image. TheTrendSpotter

Undefeated merupakan butik sneaker dan streetwear premium, yang berbasis di Los Angeles, California. Dengan cepat label ini mengukuhkan bahwa penciptaannya sebagai mode traveling dan streetwear untuk seluruh dunia. Didirikan oleh James Bond dan Eddie Cruz, Undefeated sering berkolaborasi dengan brand ternama seperti A Bathing Ape, Champion, Neighbourhood, Wtaps, Adidas, Converse, Nike dan Vans.

12. Gosha Rubchinskiy

Source image. TheTrendSpotter

Gosha Rubchinskiy seorang fotographer dan desainer dari Rusia ini Mendirikan label’nya sesuai seperti namanya yaitu Gosha Rubchinskiy. Desain-nya sangat ter-Influensi dari gaya pemuda pasca- Soviet dan Roller Skates. Rubchinskiy, menghasilkan mode garis-garis di bawah sayap Comme des Garcons ‘Rei Kawakubo. Dengan cepat Label eponim ini menjadi salah satu label streetwear yang paling banyak di gandrungi dan di bicarakan oleh streeters di seluruh dunia. Para perancang muda dan kawakan pun turut membantu dalam proses penciptaan dan mengembangkan brand Rubschinskiy ini.

13. A-Cold-Wall *

Source image. TheTrendSpotter

Lahir dan besar di London, A-Cold-Wall * memiliki reputasi sebagai brand yang ber-genre Bending Brand. Desain label ini perpaduan antara haute couture dan streetwear. Hasilnya adalah label mewah dengan gaya streetwear. Desain Samuel Ross diakui di seluruh dunia untuk karya-karya mereka yang berpikiran maju, yang merupakan kolaborasi gaya fashion Avant grade dan Wearable.

14. BAPE

Source image. TheTrendSpotter

Label kultus yang lahir di Ura-Harajuku, Tokyo pada tahun 1993 oleh Tomoaki Nagao, yang dikenal dengan Nigo. Dipengaruhi oleh obsesi Nigo sendiri dengan kecintaannya terhadap sepatu kets, mainan, dan sketch wajahnya. Desainya menjadi terlihat berani, nyentrik dan unik karena  cetakan kamuflase yang cerah dan multi-warna dan shark hoodies yang dapat menutupi tepat di atas wajah pemakainya. BAPE telah menjadi salah satu brand pakaian streetwear yang paling di eluk-elukan saat ini. jika kalian senang berburu barang-barang streetwear ala Jepang, maka tentunya A Bathing Ape berada di bagian atas daftar belanjaan wajib kamu.

15. Carhartt

Source image. TheTrendSpotter

Kalian mungkin mengetahui label Crhartt ini terkenal dengan workwear-nya. walaupun begitu, divisi UK ini merupakan perpaduan gaya dari pakaian Austria dan diadaptasi ke dalam kultur Inggris. Dimana, versi ini berbeda dengan sepupunya yaitu Amerika, karena penggambaran siluetnya yang ramping, dan juga menampilkan potongan gaya kontemporer skate – centric.

16. WTAPS

Source image. TheTrendSpotter

Pelafalan WTAPS perumpaan dari ‘Doubletaps’ ketukan dobel, Estetika yang jauh lebih sederhana daripada pengucapan namanya sendiri. Brand WATPS yang merupakan label Jepang yang mengadopsi istilah militer yang berarti ‘Kill Shot’ . Karena terpengaruh dari gaya utilitarian Jepang, warna hijau tentara menjadi dominan dan celana kargo serta hooodies dengan potongan longgar dengan gaya Ivy league Preppy sesekali.

17. Palace

Source image. TheTrendSpotter

Ketika kelahirannya pada tahun 2010, Palace terang-terangan mencap peta Inggris pada desainya dengan gaya streetwear di dalam produknya. Keindahan desain-nya banyak di ilhami dari pakaian-pakaian olahraga terkenal, seperti Adidas dan Reebok, bahkan Palace pun sudah berkolaborasi dengan brand raksasa tersebut. Statusnya yang hampir sebanding dengan supreme, sudah tentu menjadi incaran wajib streeters di daftar fashion list‘nya.

18. Cav Empt

Source image. TheTrendSpotter

Cav Empt merupakan sub-divisi dari Sk8thing, karena merupakan otak di balik grafis desain-nya yang ikonik yaitu Human Made, Billionere Boys Club, Ice Cream dan juga Veterean industri musik Toby Feltwell. Cav Empt telah mengukir tempatnya sebagai pemain utama di dunia mode streetwear dan dunia musik Jepang. Cav Empt, salah satu brand yang paling dicari pada era-nya di pasca -streetwear. Estetika label ini memiliki penekanan pada cetakannya yang unik disertai detail utilitarian dan gaya futuristik.

19. CDG Play

Source image. TheTrendSpotter

Jejak rumah mode CGD Play, ini mencangkup berbagai bahan pakaian seperti atasan Breton, hoodies, dan kaus ber-logo Bug- eyed ikonik berbentuk hati. Comme des Garçons terkenal dengan desainnya yang aneh dan fashion show-nya yang nyentrik. CGD Play juga memiliki hubungan erat dengan Converse, Bila kalian penggemar dari CGD Play, kalian pasti pernah melihat logo hati Bug-eyed dicap pada sepatu Chuck Taylor All Star 70.

20. Patta

Source image. TheTrendSpotter

Patta adalah gagasan dari dua hip-hop’ers asal Amsterdam. Pasangan ini memutuskan untuk menyalurkan kecintaan mereka pada sepatu kets, musik dan streetwear. Sebelum permintaan mulai tumbuh, mereka memulai bisnisnya dari mencetak logo mereka ke beberapa bahan kaus yang hanya diperuntukan bagi kalangan keluarga dan teman-teman saja. Patta fokus sebagian besar pada penggambaran logo-nya yang besar, potongan longgar dan warna-warna cerah.

21. Noah

Source image. TheTrendSpotter

Didirikan oleh mantan direktur kreatif Supreme, Brendon Babenzien. Dipasarkan sebagai streetwear untuk kawula muda, penawaran yang disajikan oleh brand Noah ini mencakup segala usia. Mulai dari topi korduroi dan celana pendek hingga collegiate sweats dan kemeja Oxford.

22. Heron Preston

Source image. TheTrendSpotter

HPC Trading Co. dimulai pada tahun 2016. Sejak memulai, Label Preston dikenal karena desain streetwear-nya yang bergenre bending dan tidak terduga. Label kultus ini kebanyakan menampilkan potongan besar dengan motif unik dan branding oranye terang. Heron Preston mengikuti jejak rekan-rekannya, Virgil Abloh dan Matthew Williams, meluncurkan label senama.

23. Billionaire Boys Club

Source image. TheTrendSpotter

Didirikan oleh Pharrell Williams, Billionaire Boys Club memperoleh statusnya sebagai legenda streetwear dengan begitu lejit. Pharel sendiri me’riset bahan produksi langsung dari sumber bahan produksi NASA, sementara dengan memadukan desain tampilan gaya era 90’an. Merek ini sangat menyenangkan, penuh warna, unik dan keren. Bahkan, logo yang dirancang oleh Sk8thing, otak di balik Cav Empt ini begitu sangat memuaskan gairah para penggemarnya. Label ini terdiri dari koleksi tee, jaket, dan hoodies. Pharrell juga meluncurkan produk Ice Cream yang di khususkan bagi wanita.

24. 10 Deep

Source image. TheTrendSpotter

Mencuri perhatian dunia fashion streetwear pada tahun 1995, 10 Deep telah mengembangkan perwakilan untuk memproduksi beberapa produk berbahan kualitas tertinggi di pasaran-nya. Pemiliknya, Scott Sasso adalah pengrajin sejati, dan salah satu desainer paling disegani di bidangnya. 10 Deep dikenal dengan rangkaian versatile streetwear-nya yang bertema musiman.

25. The Hundreds

Source image. TheTrendSpotter

Orang-orang yang bertanggung jawab atas The Hundreds melakukan hal-hal yang sedikit berbeda dari para pesaing-nya. Tidak hanya label streetwear-nya sendiri, tetapi situs mereka juga merupakan platform media yang didedikasikan untuk street culture dari seluruh dunia. Berbasis di Cali label ini didirikan pada 2013 oleh Bobby Kim (Bobby Hundreds) dan Ben Shenassafar (Ben Hundreds). (ell/zkid)

Source: TheTrendSpotter

1
Share this article:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Ads Here