Close
Flower tattoo Source Image. Cosmopolitan

ZONAKLIMAKS.ID – Pilihan dan keputusan yang tepat saat kalian memilih untuk menoreh-kan Tato pada tubuh tidak boleh di sepele-kan. Karena bagi sebagian banyak orang mendeskripsikan bahwa ‘men-tato bagian tubuh, sama hal-nya seperti menikah’. Keputusan yang kamu pilih itu ber-efek jangka panjang, dan terus ada menempel sampai ke akhir hayat. Maka buatlah pilihan yang tepat, dan jangan sampai kalian menyesal di kemudian hari. Sengaja kami kutip dari cosmopolitan untuk kalian yang penasaran dan siap berkomitmen dengan pilihan kalian, Siap membaca, yuk kita kepoin!

Buat janji dulu dengan tattoo artist pilihan kamu

Dunia medsos terutama Instagram sudah banyak membantu berbagai Artist untuk menyimpan karyanya di platform tersebut, salah satunya adalah tattoo artist, baik pendatang baru maupun profesional. Nah, bila kamu berkeinginan untuk menoreh-kan tato pada bagian tubuh kamu, maka carilah referensi terlebih dahulu, kamu bisa melihat langsung hasil karya mereka di IG , jangan sampai kamu nyesel dan buat asal-asalan menempel di tubuh kamu. Buat janji terlebih dahulu, dan sertakan ide konsep dan gambar yang bakalan kamu tato. Karena men-tato bagian tubuh, itu sama saja seperti berkomitmen untuk menikah, seumur hidup, bakalan setia nempel di hidup kamu. deal?

Tattoo itu eksklusif dan mahal loh

Harga membuktikan kualitas, benar enggak? jarang banget tattoo artist profesional mematok karyanya dengan harga yang murah. Karena dalam prosesnya, tato sendiri tergantung dari ukuran, tingkat kesulitan, warna, alat, bahan dan konsep serta skill yang enggak murah.

Kunjungi dulu workshopnya

Untuk mengetahui tattoo artist pilihan kamu tepat, maka, kunjungi dulu workshop-nya. Kenapa harus? kamu bisa melihat apakah workshop-nya bersih, alat yang akan digunakan higienis dan jarum yang akan di pakai itu baru dan steril, serta melihat portofolio artwork yang di pamerkan, atau bisa kamu check juga lisensi sebagai tattoo artist sudah di kantongi atau belum. Dan poin plus-nya, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan staff maupun dengan tattoo artist-nya sendiri.

konsultasikan dengan Dokter Kulit kamu sebelum memulai di tattoo

Tindakan ini sangat perlu, karena jika terjadi infeksi dan menimbulkan resiko kepada kesehatan kamu, sulit biasanya untuk diobati. Reaksi alergi biasanya di sebabkan oleh pewarna merah atau istilahnya adalah red dye. Jika itu warna yang mungkin kamu akan pilih, maka konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit kamu. Biasanya, seorang tattoo artist akan bertanya terlebih dahulu kepada konsumen-nya perihal alergi umum, seperti alergi terhadap pewarna rambut, perhiasan metal, atau parfum, untuk memastikan tidak mengalami resiko tinggi terkena infeksi.

Berkolaborasi ide dan desain dengan tattoo artist kamu

ketika kamu memilih apa yang ingin kamu torehkan ke bagian tubuh kamu, maka jangan sungkan-sungkan deh berkonsultasi dengan tattoo artist pilihan kamu, baik tentang desain, ukuran, warna, serta lokasi yang dipilih. Karena gagasan sebagai pelaku karya seni sendiri, bisa memberikan input yang jelas dengan ide dan keinginan kamu. Biarkan Artist mengetahui terlebih dahulu spesifikasi dan aspek apa saja yang kamu inginkan sebelum memulai proses tato.

women tattoos Source Image.giphy

Minta proofing kepada Tattoo Artist sebelum memulai men-tattoo

Kamu dan artist tatto kamu pasti melakukan beberapa revisi selama proses pengeditan dalam pembuatan sketsa dan stensil tato, jadi pastikan kamu selalu double crosscheck selama masa pengeditan.

Beranikan diri kamu, karena Di-tatto itu sakit banget

Seberapa sakit sih di tato itu?, gimana sih rasa sakitnya ketika di tattoo? Sebenarnya jawabannya tergantung dari ukuran dan bagian tubuh mana yang akan kamu pilih untuk di tato. Secara real-nya, ketika proses tato di mulai, kamu akan merasakan sensasi sakit seperti sengatan, di tambah dengan getaran pada mesin kompresor dan jarum tinta yang menusuk keluar masuk kulit kamu. Namun, bila seseorang sudah intens dan terbiasa, mungkin rasa sakit ini akan menyenangkan dan dianggap memacu adrenalin mereka.

Daerah tubuh tertentu mana saja sih yang paling sakit di tato

Seperti yang kami jelaskan di atas , bahwa setiap tubuh atau orang mengalami rasa sakit yang berbeda-beda. Secara general-nya, rasa sakit yang buruk itu biasanya di rasakan di sekirtar area tulang rusuk, kaki, Pergelangan kaki, leher, dan punggung lutut kamu. Persendian, dan ujung titik saraf, memang lebih menyakitkan ketimbang letak tubuh yang memiliki lemak. Jadi, bila kamu ingin mentato pada area tersebut, mungkin kamu harus sudah toleransi terhadap rasa nyeri tingkat tinggi yang bakalan kamu alami.

Tato dapat cepat memudar tergantung pada lokasi tubuh yang kamu tato

Beberapa titik yang cepat memudar adalah pada bagian tangan dan kaki, karena pada bagian itu, kulit akan cepat ber-regenerasi dan tinta tato akan memudar dalam waktu beberapa tahun. Maka torehan tato kamu pada area tersebut, perlu treatment lebih dan di warna ulang kembali.

Sebaiknya jangan minum alkohol sebelum proses men-tatto di mulai.

Minuman alkohol memang cara yang efektif untuk mengurangi rasa nyeri saat di tato, namun pada kenyataannya, hal itu bisa berbahaya. Karena alkohol menipis-kan darah, dan dapat mengecerkan tinta yang di torehkan ke dalam tubuh kamu, alhasil akan mengacaukan hasil dari tato itu sendiri. Dan alkohol bisa membuat kamu banyak kehilangan banyak darah saat proses berlangsung.

women with tattoo .Source Images.wall.alphacoders

Perlu beberapa sesi tato untuk menghasilkan sebuah desain yang besar dan rumit.

Jika kamu memiliki desain tato dengan ukuran besar, kamu harus menjadwalkan beberapa janji terpisah. Biasanya seorang tatto artist paham dengan teknik dan pembagian ini. Namun, apa salahnya mendapatkan kepastian untuk sesi kelanjutan dan keadaan dompet kamu ke depannya.

Sebuah Tato bisa memakan beberapa minggu untuk proses penyembuhan-nya

Tato akan terlihat sempurna ketika selesai, namun setelah beberapa hari, tato akan mulai mengering sedikit demi sedikit, dan mungkin kulit akan mengelupas dan menjadi koreng. Biasanya luka tato akan sembuh total dalam jarak waktu dua minggu, Mungkin yang paling di khawatirkan adalah rasa sakit yang makin memburuk dari hari ke-hari selama proses penyembuhan tato, yang bisa menjadi indikasi infeksi parah pada kulit. Penting, jangan di kelupas sendiri, karena akan mempengaruhi desain tato dan enggak bakalan sembuh dengan benar.

Rajin perawatan setelah usai men-tato

Luka pada umumnya tidak boleh terkena air selama proses penyembuhan, Hal ini sama pula dengan penyembuhan pasca men-tato, jauhi semua air dari luka, selama dua minggu, apalagi coba-coba untuk berandam, berenang, maupun berselancar.

Menurut Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, menyarankan untuk menjaga tato pasca men-tato agar selalu menggunakan salep antibiotik seperti bacitracin dan membersihkan minimal dua kali sehari dengan pembersih non abrasif yang lembut, seperti kapas. Kemudian setelah benar-benar sembuh dari luka pasca tato, kamu juga harus tetap memperhatikan perawatan-nya, dengan membasuh-kan tabir surya dan lotion untuk mencegah pemudaran warna dan melembutkan kulit di sekitaran area tato kamu.

Ingin menghilangkan tato? menutupi atau hilangkan dengan laser

Bila kamu menyadari bahwa keputusan sepuluh tahun kebelakang menggambar tato di tubuh kamu itu tidak keren atau salah. kamu hanya memiliki pilihan: yaitu, menghilangkan-nya dengan teknik laser atau kamu meng-cover ulang gambar tato yang sudah ada di tubuh kamu sepuluh tahun kebelakang.

Penghapusan tato dengan menggunakan laser akan menghancurkan partikel tinta di kulit kamu menjadi fragmen kecil yang keluar dari tubuh seiring waktu. Rasa sakit akibat penghapusan tato ini biasanya lebih parah daripada proses men-tato sendiri. Tetapi, disarankan sebelum proses penghapusan menggunakan laser dimulai, lebih baik disarankan agar kamu meminta resep obat mati rasa yang bisa di suntikan secara topikal atau injeksi untuk mengurangi rasa sakit kepada dokter kamu.

Sayangnya, ini bukan proses pemulihan secara kilat, dan dibutuhkan beberapa kali perawatan penghapusan selama berbulan-bulan untuk benar-benar memecah tato yang sudah terlanjur bersarang di tubuh kamu. Dan harganya bisa jauh lebih mahal daripada harga membuat tato sendiri, boleh ditanyakan kok ke dokter spesialis kulit kalian. Tentu saja, selalu ada opsi untuk menutupi tato yang tidak diinginkan dengan cara meng-cover ulang dengan tato lagi, tapi jelas, cara seperti itu tidak ideal bila kamu memang benar-benar ingin membersihkan seluruh tubuh kamu dari tato. Maka pikirkanlah terlebih dahulu, apa kamu sudah berkomitmen dengan tato yang akan kamu buat?

Tinta tattoo kamu musti di recover dari waktu ke waktu

Bila tato kamu pudar, paling efektif adalah kunjungi tattoo artist kalian, dan meminta perawatan touch up warna dan memperbaiki yang tidak sempurna dari hasil sebelumnya. (ell/zkid)

Source: Cosmopolitan

Share this article:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Ads Here