Close
Ilustrasi traveling
Ilustrasi Solo Traveling. Source Image. Culturetrip

ZONAKLIMAKS.ID Kenapa harus kita coba solo traveling? Yang ada mungkin kita bakalan mendapatkan banyak kesulitan. Ribet apa-apanya kita manage sendiri, takut ketemu orang dari budaya dan bahasa yang enggak kita ngerti. Tapi jika kamu memang orang yang suka berpetualang dan senang dengan tantangan, solo traveling ini pasti menjadi pilihan yang menyenangkan untuk memberikan luang bagi kamu untuk mengenal potensi diri kamu karena banyak yang bisa kamu dapatkan ketika solo traveling.

Ini dia bahasan mengenai solo traveling yang kita rangkum dari pengalaman, suka dan duka pribadi dan berbagai sumber ketika mencoba, semoga menginspirasi!

Source Image. Therandomvibez
Source Image. Therandomvibez

1. Bebas menentukan desitinasi dan waktu

Kamu sendiri yang menentukan perjalanan itu bakal menyenangkan atau tidak. Karena kamu melakukannya sendiri dan tidak ada partner traveling, group, dan keluarga. Maka kamu tidak terikat dengan waktu dan tujuan.

2. Bucket List Journey

Apa sih Bucket List? Sederhananya, itu adalah kumpulan tujuan, impian dan aspirasi yang ingin kamu capai. Arti dasar dari Bucket List adalah untuk melacak tujuan kamu dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan ini untuk memaksimalkan pengalaman luar biasa dalam hidup kamu. Kumpulkan info sebanyak-banyaknya, kamu bisa googling atau tanya-tanya kepada teman atau saudara yang pernah pergi ke destinasi yang bakalan kamu tuju. Jadi, ketika kamu melakukan solo Traveling, kamu enggak bingung. Kamu tau agenda apa aja yang akan kamu lakukan disana.

3. Kenyataannya, kalian gak benar-benar traveling sendirian

Jangan merasa kesepian, dengan solo traveling kamu secara tidak langsung melatih diri kamu untuk peka dengan lingkungan baru. karena ini kesempatan pengalaman kamu untuk belajar berinteraksi, kemungkinan mendapat teman traveler lebih besar, karena mau enggak mau kamu kudu bersosialisai dengan orang asing dan lingkungan sekitar. Bila kamu kebingungan jangan sungkan untuk meminta bantuan dan bertanya. kalo traveling ke luar negeri dan orang di sekitar kamu enggak bisa pakai bahasa inggris, pakai body language untuk menjelaskan sesuatu, hal itu cukup membantu untuk berkomunikasi.

Bertanya itu penting, karena kalo kamu malu bertanya bisa sesat di jalan, dan jangan terlalu mengandalkan Mbah Google, Karena percuma kalo Smartphone kamu mati dan gak dapet signal, terutama di daerah pedalaman

4. Selalu waspada

Gak sedikit solo traveler mendapatkan kejadian apes ketika melakukan solo traveling, kejadian yang di alami pun pasti berbeda-beda, ada yang kehabisan uang atau di ikiuti oleh orang mencurigakan, di tipu, dan tidak sedikit juga yang mengalami sakit ditengah perjalan. Nah, ini tentunya merupakan hal yang perlu kamu perkirakan dan persiapkan sebelumnya. sedikit tips agar solo traveling kamu aman, adalah dengan mengambil langkah resiko yang lebih kecil dari pada harus celaka, dan yang paling penting kenali limit diri sendiri.

Identitas diri seperti KTP atau Passport. Jangan pernah sekali-kali ditinggalkan atau dititipkan kepada orang lain, atau sampai hilang! Bila perlu beli body wallet,  dan selalu berpergian ke tempat keramaian hindari jalanan gelap, bawalah semprotan cabai dan kejut listrik bila suatu saat memang dibutuhkan. jangan bawa uang cash berlebih di kantong dan dompet kamu, bawa barang seperlunya, jangan menggunakan pakaian mencolok dan berlebihan. Melapor’lah kepada pihak keamanan setempat bila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Nah gimana guys, tertarik untuk mencoba solo traveling? siapa tau nanti kalian dapet jodoh, salam traveling. (eel/zkid)

Source : Berbagai sumber

1
Share this article:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Ads Here