Close
Ilustrasi anak menoton televisi. Source Image: Turis Cantik
Ilustrasi anak menoton televisi. Source Image: Turis Cantik Anak Kecanduan Menonton

ZONAKLIMAKS.ID – Moms, apa perasannnya jika si kecil kecanduan nonton acara televisi ataupun YouTube? Sedih bukan? Sebab dengan kegiatan menonton, si kecil jadi punya dunia sendiri. Bahkan, si kecil bisa jadi tidak mempedulikan keadaan sekitar.

Tentu saja, kecanduan menonton yang dilakukan si kecil ini bukan tanpa alasan. Dari kasus yang sering terjadi, mulanya orang tua yang justru memberikan kesempatan si kecil untuk menonton. Alasannya sederhana, si kecil bisa jauh lebih anteng dan orang tua bisa membereskan pekerjaan rumahnya.

Namun, karena terlalu sering atau bahkan terus menurus diberi kesempatan untuk menonton, si kecil jadi kecanduan. Jika sudah begitu, si kecil setiap harinya wajib menonton. Kalau tidak, si kecil akan terus merengek bahkan menangis sejadi-jadinya.

Nah, kira-kira apa yang harus dilakukan orang tua jika si kecil sudah begini?

1. Orang tua ikut puasa menonton

Ini adalah tahapan ujian bagi para orang tua jika si kecil sudah kecanduan menonton. Orang tua wajib puasa menonton acara televisi atau menonton konten video YouTube dari smartphone.

Jika anak ingin lepas dari kecanduan menonton, tentu saja orang tua harus konsisten dan sabar dengan ujian ini (puasa menonton).

2. Mengajak anak bermain bersama

Si kecil akan mudah terlepas kecanduan menonton jika orang tua justru mengajak si kecil bermain. Baik permainan yang bisa dilakukan di dalam rumah maupun yang di luar rumah. Ini bagus untuk interaksi dan penambahan kosa kata si kecil.

Sebab, banyak survey mengatakan, jika anak dibawah umur dua tahun keseringan menonton maka dapat menghambat kemampuan berbicaranya. Tentu saja orang tua tidak menginginkan jika anak lambat untuk berbicara.

3. Mendukung hobi si kecil

Orang tua tentu saja mengetahu kesukaan anak sedari dini. Baik itu belajar menulis, menggambar, mewarnai, ataupun hobi lainnya. Nah, agar anak bisa lepas dari kecanduan menonton, orang tua wajib mendukung hobi anak.

Perlu juga orang tua mendampingi anak ketika tengah melakukan hobinya itu. Sebab, pendampingan orang tua diperlukan agar anak lebih bisa berkonsentrasi dan semakin semangat melakukan hobinya itu.

4. Mindset orang tua harus dirubah

Cara pikir orang tua terkait pola asuh adalah kunci utama anak menjadi kecanduan menonton. Pola asuh yang salah seperti menyuruh anak menonton saat sedang rewel, atau bahkan saat disuruh makan harus dirubah.

Orang tua harus betul-betul memiliki cara pikir jika televisi ataupun YouTube bukanlah sebagai alternatif pengasuh yang baik. Maka perubahan untuk kebaikan si kecil tentu saja dimulai dari pola pikir orang tuanya.(ras/zkid)

Share this article:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Ads Here