Close
Foto kuaci. Surce: Hello Sehat
Foto kuaci. Source: Hello Sehat

Zonaklimaks.id – Bagi kaum perempuan merawat kulit tentu saja menjadi suatu keharusan. Memiliki kulit yang sehat adalah dambaan. Kendati demikian, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara merawat kulit agar tetap terlihat sehat melalui konsumsi makanan. Untuk memudahkan kalian, zonaklimaks.id telah merangkum beberapa makanan yang bagus dari berbagai sumber untuk menjaga kulit kalian agar tetap sehat.

Berikut enam daftar makanannya:

1.Yogurt

Foto semangkok yogurt. source: Hello Sehat
Foto semangkok yogurt. Source: Hello Sehat

Yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Tentu saja yogurt mengandung protein karena bahan dasarnya adalah susu. Nah protein yang sista dapatkan dari mengonsumsi susu/yogurt ini dapat membantu kulit menjadi lebih kencang. Dengan mengonsumsi yogurt satu kali setiap hari dipercaya dapat membuat kulit sista lebih halus. Selain itu, juga dapat melembabkan kulit yang kering, atau mengobati kulit yang teriritasi.

2. Buah Delima

Foto buah delima. Souce: Hello Sehat
Foto buah delima. Source: Hello Sehat

Buah delima dipercaya mengandung antioksidan polifenol. Polifenol ini berfungsi melawan radikal bebad dan mengatur aliran darah dalam kulit. Untuk melindungi kulit dari radikal bebas, mengonsumsi segelas jus buah delima sangat dianjurkan. Bahkan, antioksidan yang terkandung dalam buah ini mampu membantu melembabkan kulit.

3. Kacang Kenari/Walnuts

Foto buah kenari. Source: KLCBS
Foto buah kenari. Source: KLCBS

Kacang kenari juga dipercaya dapat menyehatkan kulit sista lho. Kacang kenari ini mengandung asam lemak esensial omega 3. Kandungan itu tentu saja dapat meningkatkan elastisitas kulit sista. Selain itu, Kacang kenari sarat dengan tembaga, mineral, dan mampu meningkatkan produksi kolagen. Mengonsumsi kacang kenari dapat meningkatkan tekstur kulit sista. Enggak percaya? Cobain aja deh.

4.Biji Bunga Matahari/Kuaci

Foto kuaci. Surce: Hello Sehat
Foto kuaci. Source: Hello Sehat

Siapa sih yang enggak kenal kuaci? Makanan yang terbuat dari biji Bunga Matahari ini dijual di warung-warung dengan harga yang terjangkau. Meski sangat murah harganya, biji Bunga Matahari ini kaya akan dengan vitamin E. Biji bunga Matahari dipercaya dapat menjaga kulit sista lebih kenyal karena dapat melindungi lapisan kulit bagian atas dari sengatan sinar matahari. Ini salah satu makanan yang murah untuk merawat kulit.

Dengan harga yang murah dan dapat dibeli di warung-warung terdekat, zonaklimaks.id menyarankan agar sista konsumsi kuaci setiap hari yah, hehehe. Selain itu, kandungan asam lemak esensialnya yang tiggi membuat minyak biji bunga matahari menjadi bahan untuk dioleskan ke beberapa bagian tubuh yang kering seperti bibir maupun tumit. Untuk cari minyaknya, sista bisa langsung cari di google, ya.

5. Kacang Merah

Foto kacang merah. Source: Hello Sehat
Foto kacang merah. Source: Hello Sehat

Kalau bahan makanan yang satu ini sih banyak dijual di pasar-pasar. Sista gampang banget nyarinya. Kacang merah berperan dalam menjaga metabolisme asam amino, glukoneogenesis, sintesis neurotransmitter, sintesis histamin, asam lemak, lipid dan sintesis hemoglobin yang kesemuanya memiliki andil besar terhadap kesehatan kulit.

Terlebih, kacang merah kaya akan senyawa antioksidan dan termasuk sumber flavonoid yang bertindak dalam mencegah kerusakan sel, melindungi kulit dan tubuh dari masalah kesehatan akibat konsumsi makanan yang tidak sehat serta bertindak sebagai anti-aging sehingga kulit akan selalu nampak awet muda.

6. Kacang Kedelai

Foto kacang kedelai. Source: Hello Sehat
Foto kacang kedelai. Source: Hello Sehat

Kacang kedelai mengandung vitamin E yang dapat membantu untuk memperbarui sel-sel kulit mati. Pembaruan sel ini penting untuk kesehatan kulit kalian lho. Untuk mendapat manfaat vitamin E dalam kedelai kalian bisa memanfaatkannya untuk masker atau lulur. kalian tinggal menghaluskan kedelai dengan sedikit air dan mengoleskannya pada wajah atau tubuh sista. Biarkan selama 20 sampai 25 menit agar nutrisinya meresap sempurna ke dalam kulit. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

Selain itu, kacang kedelai memang mengandung vitamin E yang sangat diperlukan untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Pelembap alami dalam kacang kedelai juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering yang terkelupas. Minyak kedelai juga cenderung lebih encer daripada minyak kelapa jadi lebih mudah meresap ke dalam kulit dan tidak membuatnya tampak berminyak.

Selain bermanfaat sebagai pelembab, kacang kedelai juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti perubahan warna kulit, keriput, bintik hitam, serta garis-garis halus di sekitar mata dan bibir. Fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu tubuh untuk meningkatkan dan menghasilkan lebih banyak estrogen, hormon penting yang mempertahankan elastisitas kulit. Selain itu kedelai juga memiliki manfaat bio-lipid yang berguna untuk pencegahan keriput.

Share this article:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Ads Here