Close
memasak untuk sahur kalian sekeluarga. Foto: viralbharat.

ZONAKLIMAKS.ID – makan dan minum pada saat sahur, memang perlu di perhatikan, agar tubuh tetap segar dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. Berikut tips, yang kami rangkum untuk memilih menu sehat untuk keluarga, agar optimal menjalankan ibadah selam bulan puasa. yuk kita simak.

Hindari makanan instan

Hindari makanan instant selama bulan puasa. Foto: pixabay.

Jangan sering dijadikan alasan untuk menyajikan makanan instant, karena cara penyajiannya yang praktis, dan singkatnya waktu sahur. Makanan Instant, seperti mie, dan makanan cepat saji lainnya tidaklah baik, karena, makanan instan bersifat kenyang sementara, dan mengandung bahan pengawet yang tidak sehat. sehingga tidak cocok untuk dijadikan menu untuk sahur.

Asupan cairan yang cukup

Perbanyak minum air putih. foto: StyleCaster.

Air putih sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Maka, pastikan agar tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup, untuk tetap terhidrasi meski puasa seharian. Konsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

Sebaiknya tidak mengkonsumsi terlalu banyak gorengan

Hindari makan makanan gorengan saat sahur. foto: CiciCookies.

Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan gorengan saat sahur, karena dapat memicu radang tenggorokan yang mengakibatkan iritasi pada lapisan mukosa tenggorokan.

Pilihlah karbohidrat kompleks

Makanan karbohidrat pengganti nasi putih untuk menu sahur., foto: Pixabay.

Asupan karbohidrat sangat dibutuhkan dalam menu sahur sehat sebagai sumber energi. Disarankan, untuk memilih sumber karbohidrat kompleks, seperti Nasi merah, roti gandum, oatmeal dan sereal, merupakan sumber karbohidrat yang tepat selain nasi Putih. Selain kaya akan karbohidrat kompleks, menu tersebut juga kaya akan serat yang dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan.

Jangan lupa asupan protein

makan makanan berprotein saat sahur. foto: Hello Sehat.

Makanan kaya protein merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memberikan energi secara konstan. Daging ayam, ikan, sapi, telur, ikan, dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik. Protein sangat diperlukan tubuh saat berpuasa, dan juga  sebagai cadangan energi saat menjalani puasa. Ketika kalian mengkonsumsi protein, tubuh akan memecahnya menjadi asam amino yang diperlukan oleh otot dan darah.

Hindari makanan pedas dan bersantan

Ilustrasi jangan memilih menu pedas dan santan saat sahur. foto: Pixabay.

Makanan pedas dan bersantan, bisa mengiritasi lambung, perut kembung, menyebabkan gangguan pencernaan, hingga memicu produksi asam lambung sehingga menimbulkan penyakit maag. Sebaiknya tidak dijadikan pilihan menu saat sahur, karena makanan tersebut sulit dicerna dengan dengan baik dan sempurna, sehingga akan akan menghasilkan asam ke lambung.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Konsumsi banyak sayur untuk pilihan menu sahur kalian. foto: pixabay.

Sayuran tepat dijadikan sebagai menu sahur sehat karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah dan sayur juga kaya akan kandungan serat, yang bersifat mengenyangkan sehingga cocok dikonsumsi saat berpuasa, karena, dengan mengkonsumsi sayuran, akan mempertahankan rasa kenyang lebih lama. (ell/zkid)

Berbagai Sumber

Share this article:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Ads Here