Close
Ilustrasi seseorang sedang melakukan masturbasi. Image Source: Internet
Ilustrasi seseorang sedang melakukan masturbasi. Image Source: Internet

ZONAKLIMAKS.ID – Masturbasi merupakan hal yang wajar dilakukan. Masturbasi tidak memiliki efek samping tertentu jika dilakukan secara wajar dan benar.

Kendati demikian, masturbasi ternyata juga dapat memberikan efek dan infeksi pada kemaluan jika dilakukan dengan menggunakan alat bantu, dan lain sebagainya.

“Tapi kalau sering dilakukan, maka, dalam jangka waktu yang lama menyebabkan ejakulasi dini,” kata dr. Danny seperti dikutip di laman alodokter, 5 April 2019.

Menurut dia, ejakulasi dini bisa terjadi karena pada saat masturbasi, orang cenderung akan mencapai klimaks atau ejakulasi. Tentu hal ini akan membuat psikis atau pikiran seseorang ingin cepat ejakulasi saat berhubungan seks yang sebenarnya.

Namun perlu diingat, masturbasi tidak menyebabkan gangguan kesuburan. Hal ini karena sprema diproduksi setiap hari. Meski begitu, dr. Danny menyarankan agar tidak melakukan masturbasi setiap hari.

“Hal yang bisa dilakukan agar tidak keserigan masturbasi yaitu dengan menyibukkan diri. Tidak membaca atau menonton konten yang berbau pornografi dan tetap berpikiran positif,” kata dia.(ras/zkid)

Share this article:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Ads Here